Tuesday, January 10, 2017

KONSEP HYPERTEXT DAN HYPERLINK, Lengkap





    Admin membahasa berkaitan Pengertian, contoh penggunaan, dan jenis dari 2 konsep diatas. semoga ilmu ini bermanfaat bagi pembacanya.

1.      Konsep Hypertext

Konsep hypertext yang digunakan dalam web sebenarnya telah dikembangkan jauh hari sebelum web tersebut ada. Hypertext merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Dokumen di dalam sebuah web dibuat dalam perangkat lunak ppegolah kata dan disimpan ke dalam format ASCII normal sehingga menjadi homepage dengan perintah HTML.

HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web . Seseorang pengguna internet dapat memeperoleh inromasi dengan melompat dari suatu dokumen ke dokumen lain dengan pendekatan hypertext. Dokumen-dokumen yang di akses ini dapat tersebar di berbagai mesin, bahkan di berbagai negara.


2.      Konsep Hyperlink

Pada webpage juga dikenal dengan adanya istilah hyperlink atau link. Hyperlink di dalam sebuah HTML/web/blog merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Link dapat menghubungkan suatu webpage dengan webpage lainnya atau suat webpage dengan website. Pada sebuah webpage, link ini biasanya berupa teks atau gambar yang ditampilkan berbeda dengan lainnya. Link juga dapat berupa video, audio, aplikasi, ataupun kompresi rar.

Link pada sebuah web biasanya ditandai dengan garis bawah, diberi warna yang berbeda (Mencolok), atau berada di dalam kotak (tombol). Selain itu, teks yang berubah menjadi pointing finger pointer saat dilewati pointer mengindikasikan bahwa teks tersebut aktif (berupa link). Apabila pointer diarahkan pada link tersebut, pada umumnya pointer akan berubah menjadi simbol tangan kecil. Setelah diklik, sebuah webpage llain yang terhubung akan terbuka.
Hyperlink dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Link Internal dan Link Eksternal. Link Internal menghubungkan ke file-file yang berada dalam satu tempat/server yang sama. Semestara itu, Link eksternal menghubungkan file-file yang berada pada tempat yang berbeda.

Related Posts

KONSEP HYPERTEXT DAN HYPERLINK, Lengkap
4/ 5
Oleh