Tuesday, January 17, 2017

Semoga Tidak Persulit Siswa, Soal Essay Persulit Kemungkinan USBN Gunakan Komputer



Edupost.ID – Jika Ujian Nasional (UN) digencarkan dengan berbasis komputer, lain halnya dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ujian yang disebut terakhir masih belum memungkinkan dilakukan dengan berbasis komputer. Bentuk soal essay dinilai menjadi alasan utama belum memungkinkannya menggunakan sistem komputer dalam ujian ini.

Pihak yang disebut merencanakan USBN Berbasis komputer adalah Kadarmanra Baskara Aji, kepala Dinas Pendidikan Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Aji memang tengah bersemangat membuat sistem ujian komputer di DIY karena sistem komputer dinilai lebih praktius dan aman dari kebocoran. Sayangnya, harapan mewujudkan USBN berbasis komputer di DIY harus kandas karena keterbatasan teknis.

“Awalnya kepala Disdikpora DIY merencanakan ingin menerapkan USBN berbasis komputer di DIY.Tapi setelah kami merencanakan menggunakan komputer, ternyata kisi – kisinya ada soal essay. Komputer tidak memungkinkan essay, kecuali dikoreksi masih dengan manual. Kalau dikoreksi manual maka dua kali pekerjaan jadinya. Jd ini masih ada dalam kajian kami,” terang Eka Vicianto, anggota Tim Teknis IT DIY dalam perbincangan bersama Edupost.ID.

Dikatakan Eka, sistem komputer memang belum bisa mengoreksi hasil ujian suswa yang menggunakan soal essay. Jika dipaksakan menggunakan komputer, setelah jawaban pilihgan ganda dikoreksi oleh komputer, soal essay masih harus dikoreksi secara manual. Ini tentunya justru akan menyita waktu karena harus dua kali kerja.

“Ketika kami rapat dengan Tim Teknis IT DIY, masih tarik ulur juga apakah USBN DIY menggunakan komputer atau tidak. Tapi kami tetap bahas dengan pemangku kebijakan DIY tentang keuntungan dan kelemahan menggunakan sistem komputer pada USBN. Ini masih jadi pembahasan kami,” imbuh Eka yang juga koordinator UNBK SMAN 2 Depok Sleman.

Sebelumnya, Kemendikbud menetapkan USBN akan diberlakukan pada 2017 menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan essay. Masing – masing daerah mendapat kewenangan menyusun soal berdasarkan kisi – kisi dari pemerintah pusat. (Andi)

Sumber : http://edupost.id

Related Posts

Semoga Tidak Persulit Siswa, Soal Essay Persulit Kemungkinan USBN Gunakan Komputer
4/ 5
Oleh